Posted by : Rizal Mohamad Rabu, 02 November 2016


Peretas (bahasa Inggris: hacker) adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.



Hacker vs Cracker

Banyak masyarakat yang salah dalam mengartikan sebuah nama hacker, banyak yang mengartikan sebuah nama hacker adalah seorang jahat di dunia maya. Sebenarnya itu salah, hacker atau bisa juga disebut Hacker White Hat merupakan pakar dalam mengamankan internet yang disewa untuk menemukan kerentanan dalam sistem, atau biasanya mereka di sewa perusahaan untuk mengamankan sistem perusahaan tersebut.
Sedangkan Cracker atau Hacker Black Hat adalah nama yang diberikan untuk hacker yang membobol komputer, mencuri nomor kartu kredit, meninggalkan virus, menghancurkan file atau mengumpulkan informasi pribadi untuk dijual. Intinya adalah Hacker mengamankan sistem jaringan dan Cracker membobol jaringan sistem tersebut. Mungkin anda pernah mengunduh sebuah game bajakan, dan game tersebut harus menggunakan program yang dinamakan Crack sehingga game tersebut bisa dimainkan tanpa harus beli, maka pembuat crack itulah yang dinamakan cracker. Jadi menjadilah Hacker White Hat!!

Cara Menjadi Hacker Pro

1. Kode Programming
Hal pertama yang perlu anda pelajari adalah bahasa programming dalam bentuk kode. Ada cukup banyak jenis bahasa programming yang perlu dipelajari bila anda ingin menjadi hacker, diantaranya seperti HTML, PHP, Javascript dan lain sebagainya. Anda perlu memahami bahasa programming tersebut, mulai dari struktur kodenya hingga fungsi-fungsi pada source kode programming tersebut.

2. Software
Bila sudah memahami kode programming, maka selanjutnya anda perlu mendalami ilmu yang berkaitan dengan perangkat lunak (software) agar anda mampu menemukan celah dan mampu memberi solusi serta memperbaiki masalah yang muncul. Contoh software yang perlu anda pelajari diantaranya seperti Linux, Windows, FreeBSD dan lain-lain.

3. Jaringan Dalam Sistem Komputer
Selain kode programming dan software, anda juga perlu belajar tentang jaringan dalam sistem komputer. Hal tersebut berguna agar anda dapat melakukan pengaturan dan konfigurasi suatu jaringan dengan lebih mudah. Ada berbagai protokol jaringan yang perlu anda pelajari




referensi:

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © welcome to blog teknologi informasi - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -